user preferences

New Events

South-East Asia

no event posted in the last week

caracas declaration in indonesia language

category south-east asia | anarchist movement | other libertarian press author Friday March 03, 2006 23:27author by armauthor email arm_da_spirit at yahoo dot com Report this post to the editors

this indonesian language for caracas declaration..

Antara tanggal 23 hingga 29 Januari 2006, aktifis anarkis bertemu di Caracas, Venezuela untuk menghadiri Alternative Social Forum/Forum Sosial Alternatif. Delegasi dan pribadi yang hadir antara lain dari: Argentina, Bolivia, Brasil, Kanada, Chile, Kolombia, Kuba, Ekuador, Perancis, Jerman, Italia, Meksiko, Rusia, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, Uruguay dan Venezuela sendiri. Kami menganggap penting untuk membangun posisi kaum anarkis secara spesifik yang sesuai dengan pengalaman kami dan mempertukarkannya. Dalam semangat itulah kami mendeklarasikan hal-hal berikut:

1- sesuai dengan dasar-dasar ideologi kami, yang dapat kami tegaskan adalah penolakan kami yang sangat akan setiap dan segala bentuk dominasi dan penindasan. Karenanya, untuk membuang segala keraguan, penyimpangan atau menipulasi media, kami sekali lagi mengutuk rejim kapiltalis dan organisasi kenegaraan atas masyarakat, demikian juga militerisme, imperialisme, patriaki, rasisme, dan berbagai bentuk pengungkungan, perusakan lingkungan, gangguan terhadap berbagai kebuadayaan yang agung dan berbagai wacana yang mengakibatkan dominasi.
2. sebaliknya, kami pecinta kebebasan; kami menunjukkan dan menegaskan aspirasi kami dalam egalitarianisme anarkis dan nilai-nilai solidaritas yang memperkuat pembangunan masyarakat sosialis yang sungguh-sungguh disini dan sekarang, sebuah masyarakat yang ditetapkan lewat demokrasi langsung, federalisme dan pengaturan swadaya yang akan mengungguli batas-batas Negara yang palsu/buatan manusia.
3. Demikian juga, diatas dan diluar lazimnya kalimat-kalimat bermaksud baik dan deklarasi sosialis, kami berpikir cukup pantas untuk sekali lagi menunjukkan dengan tepat bahwa sebuah masyarakat libertarian sejati merupakan hasil keputusan yang berkesadaran dengan berbasis akar rumput dan bahwa tidak ada satu contoh sejarah tunggal yang menganjurkan harapan pada legalisme kabur, yang direkayasa dari atas atau oleh manusia terpilih. Semuanya itu tak lebih dari ilusi anti emansipatoris yang mesti beberkan dan dikritik.
4. Penegasan ini terutama sekali tepat waktu dan diperlukan sebab kelihatannya sebuah siklus kesejarahan baru sedang muncul di Amerika Latin dimana orang menyimpan kesedihanya dan harapannya pada pemerintahan demokratik dan populis, yang diciptakan untuk mengatur krisis yang melanda system yang berkuasa, untuk mengekalkan suatu wujud yang dipermak dan dipermanis disaat yang sama. Maka dari itu, kami menegaskan kembali, dengan sokongan pengalaman sejarah yang kaya, bahwa tak ada satu lembaga kenegaraan atau jalan kepeloporan menuju sebuah masyarakat sosialis libertarian. Untuk dipercaya, masyarakat semacam itu mesti dilandaskan atas partisipasi langsung gerakan social akar rumput dan yang kenaikan pengaturan swadaya tak bisa ditawar-tawar
5. Kami percaya bahwa kebebasan bukan hanya sebuah tujuan namun juga sebuah jalan dan praxis. Karena itu, kami membela kebebasan yang telah dimenangkan, sebagaimana hal-hal yang masih belum dimenangkan, selama perjalanan kami yang panjang, dengan teguh mengutuk segala pemerintahan, termasuk mereka-mereka yang menyebut diri revolusioner. Jelasnya, kami melawan, baik di Amerika Latin maupun tempat lain, mereka yang mendasari inspirasinya dengan memperlemah dan menunda kebebasan. Kami mengutuk mereka dengan tanpa memperdulikan pembenaran “tinggi” yang digodok dalam bayangan mereka yang lupa daratan.

6. Terakhir, sebagaimana orang berasal dari aliran dan pandangan praktek dan pemikiran anarkis, dan telah melihat didalam kehidupan nyata bahwa adalah mungkin untuk membangun iklim solidaritas dan penghormatan diantara kita diluar perbedaan-perbedaan kita, kami berharap secara empati menyatakan kemungkinan dan kebutuhan bagi gerakan kami untuk mengambil manfaat dari banyak kesempatan untuk membangun jaringan kerja organisasi kami dalam segala cara yang mungkin terbayangkan. Ini komitmen kami saat ini.



Organisasi :

Biopoliticos (Kolombia)

International Workers of the World (IWW)

Colectivo Autonomo Magonista, CAMA (Meksiko)

Federacion Libertaria Argentina (FLA) (Argentina)

Comision de Relaciones Anarquistas (CRA) (Venezuela)

Centro de Estudios Sociales Libertarios, CESL (Venezuela)

Ateneo de Contracultura y Estudios Acratas “La Libertaria”, Biscucuy (Venezuela)

The Alarm – Newspaper (Amerika Serikat)

Espacio - Review (EKuador)

Kolectivo de Objecion por Konciencia ART (Kolombia)

Movimiento Libertario Cubano (MLC) (Kuba)

Grupo de Estudos Libertarios Babilonia (Brasil)

Cruz Negra Anarquista (Venezuela)


secara Individu:

Luís Prat, delegate IWW (Amerika Serikat)

Andreas Speck (Armenia)

Javier Garate (Chile)

Marina Legaz Bursuk, delegate F.L.A & I.F.A. (Argentina)

Sylvia C. Jimenez (Bolivia)

Erica Lagalisse (Kanada)

Daniel Barret (Uruguay)

Santiago Cadena, Espacio Review (EKuador)

Kristina Dunaeva (Russia/Brazil)

Eduardo Rodriguez, FAL-Valencia (Venezuela)

Luis Jimenez, CRA/CA3 (Venezuela)

Jim Ochoa, CRA/Union–Rache y CA3 (Venezuela)

Lizardo Said Lugo, CRA/CESL (Venezuela)

Salvador Mendez, CRA/CESL (Venezuela)

Ender Ynfante (Venezuela)

Humberto Decarli (Venezuela)

Karina Araujo (Brasil)

Iva Gouvea Bocchini (Brasil)

Gustavo Rodriguez (Movimiento Libertario Cubano) (Kuba)

Sebastian @, Kolectivo de Objecion por Konciencia Art (Kolombia)

Rob Block (Amerika Serikat)

Sarah Coffey (Amerika Serikat)

Cristian Guerrero - Arizona Earth First! (Amerika Serikat)

Individu lain datang dari Kanada, Kolombia, Spanyol, Inggris, Italia, Perancis dan Venezuela.
http://www.nodo50.org/ellibertario

This page has not been translated into Nederlands yet.

This page can be viewed in
English Italiano Deutsch
© 2005-2024 Anarkismo.net. Unless otherwise stated by the author, all content is free for non-commercial reuse, reprint, and rebroadcast, on the net and elsewhere. Opinions are those of the contributors and are not necessarily endorsed by Anarkismo.net. [ Disclaimer | Privacy ]